Home Ekonomi Petugas Abaikan Keselamatan Penumpang, Speedboat Dibiarkan Berlayar Tanpa Pengawasan

Petugas Abaikan Keselamatan Penumpang, Speedboat Dibiarkan Berlayar Tanpa Pengawasan

748
0

 

HALSEL, FN – Pada Selasa, 2 April 2024, Speed Boat (SB) Ayu Kartika terlihat mengangkut penumpang melebihi kapasitas muatan dan bahkan membawa sepeda motor di atas speed boat tanpa pengawasan yang memadai saat berlayar dari pelabuhan Babang menuju Gane dalam kabupaten Halmahera Selatan (HALSEL), Pukul 07:25 WIT.

 

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa jumlah penumpang yang diangkut mencapai puluhan bahkan hampir ratusan, melebihi kapasitas yang aman untuk speed boat tersebut.

 

Salah seorang penumpang yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan kegeramannya atas kondisi tersebut. Menurutnya, membawa sepeda motor di atas speed boat sangat berbahaya mengingat kondisi cuaca laut yang bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Banyak penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk dan bahkan ada yang terpaksa duduk di area mesin di bagian belakang kapal selama perjalanan berjam-jam.

 

Sayangnya, tidak ada evaluasi atau teguran dari pihak petugas penjaga laut, termasuk KPLP pelabuhan Babang kabupaten Halmahera Selatan, terkait kelebihan kapasitas dan kondisi keselamatan penumpang.

 

Kelebihan kapasitas bukan hanya mengancam keselamatan, tetapi juga mengganggu kenyamanan penumpang selama perjalanan.

 

Penumpang berharap agar pihak penjaga laut lebih tegas dalam menegakkan aturan keselamatan pelayaran. Selain itu, Dinas Perhubungan kabupaten Halmahera Selatan diharapkan dapat menyediakan infrastruktur jalan masuk ke pelabuhan kapal dan pelabuhan speed di pasar baru yang lebih layak dan nyaman.

 

Kondisi saat ini menunjukkan bahwa kebutuhan dan keselamatan penumpang diabaikan demi keuntungan semata, terutama saat musim mudik seperti Idul Fitri.

 

Penting bagi pihak terkait untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang, bukan hanya mencari keuntungan semata. (SM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here