Home Nasional Listrik Belum Bayar, 4 Titik PO PDAM Lumpuh, 5000 Pelanggan PDAM Terancam...

Listrik Belum Bayar, 4 Titik PO PDAM Lumpuh, 5000 Pelanggan PDAM Terancam Krisis Air Bersih

95
0

HALUT FN – Informasi yang di himpun media ini, terungkap bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tobelo pada hari Selasa kemarin, (23/04/2024) telah melakukan pemutusan aliran listrik di 4 Pusat Operasi (PO) PDAM. Hal ini lantaran oleh pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Halmahera Utara tak mampu membayar tagihan listrik.

Akibatnya, mesin pompa di 4 PO tersebut tidak bisa beroperasi alias lumpuh. Hal ini berdampak pada pendistribusian air bersih kepada pelanggan PDAM. Itu artinya kurang lebih 5000 pelanggan mengalami krisis air bersih.

4 PO PDAM tersebut yakni kompleks Sadada, desa Lina Ino, Desa Kali Pitu, kecamatan Tobelo Tengah, desa Popilo kecamatan Tobelo Utara, dan desa Pune, kecamatan Galela.

Selain 4 titik PO tersebut, informasi yang diterima yaitu 1 titik PO yang berlokasi di sekitar kawasan RSUD Tobelo juga terancam dilakukan pemutusan aliran listrik oleh pihak PLN, lantaran belum melakukan pembayaran tagihan listrik di bulan Maret 2024. Jika ini terjadi, maka 10.000 pelanggan PDAM dalam kota Tobelo, terancam krisis air bersih. Jika ini dibiarkan, maka berdampak buruk pada PDAM itu sendiri, dari sisi pendapatan.

Menunggaknya tagihan listrik PLN, di duga kuat karena ketidakmampuan pihak Management PDAM dalam mengelolaj keuangan. jika ini dibiarkan dan tidak segera di benahi, maka PDAM Halut terancam Kolaps alias Bangkrut.

Karenanya, kepada pejabat baru direktur PDAM harus jelih mengangkat pejabat struktur PDAM, apalagi bagian Administrasi keuangan yang nota benenya punya pengalaman dan kinerja baik, artinya dalam track recordnya tidak meninggalkan catatan hitam atau blacklist.

Jika ini manajement keuangan dikelola secara baik, maka segala pembiayaan operasional PDAM pasti teratasi, seperti pembiayaan maintenance. Tidak hanya itu, bahkan sampai kesejahteraan karyawan pun terjamin, pembayaran gaji yang lancar bahkan tambahan insentif sebagai bonus.

Sementara itu, Fauzy Daga, Direktur PDAM ketika di konfirmasi redaksi fadulinews melalui via telpon, (Sabtu, 27/04/2024) terkait pemutusan aliran listrik di 4 PO tersebut, dia mengatakan, persoalan itu sudah di atasi dan ke 4 PO sudah di aktifkan.

 

“Oo…so kase aktif 4 hari lalu, ” Pungkasnya.

 

(FN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here