Home Nusantara Kerja Sama Polda Malut dan BKHIT: Optimalkan Potensi Pertanian dan Peternakan

Kerja Sama Polda Malut dan BKHIT: Optimalkan Potensi Pertanian dan Peternakan

155
0

Ternate-FN,Rabu/22-05-2024 Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K., didampingi oleh Pejabat Utama Polda Malut, menerima kunjungan silaturahmi dari Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku Utara. bertempat di Ruang Kerja Kapolda pada Rabu, (22/5/2024).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala BKHIT Maluku Utara, Willy Indra Yunan, S.P., beserta anggotanya. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk mempererat koordinasi dan kerja sama antara Polda Malut dan Balai Karantina.

Kapolda Malut menyampaikan beberapa poin penting mengenai kondisi dan tantangan yang dihadapi sektor pertanian dan peternakan. Ia menyoroti hasil pertanian buah lokal hanya mencapai 8% dari total kebutuhan, sedangkan sisanya harus diimpor dari luar daerah.

Lanjut, Hal ini menjadi salah satu perhatian utama, mengingat potensi besar yang dimiliki Maluku Utara dalam sektor pertanian yang masih perlu dikembangkan lebih lanjut.

Selain itu, Kapolda mengungkapkan bahwa Perusahaan IWIP (Indonesia Weda Bay Industrial Park) membutuhkan pasokan daging dalam jumlah besar. Menurutnya, hal ini bisa menjadi peluang besar bagi Maluku Utara jika mampu menyediakan stok daging yang dibutuhkan.

“Kita perlu meningkatkan kemampuan menyediakan daging dari dalam provinsi untuk mengurangi inflasi di Maluku Utara,” ujar Kapolda. Ia juga mengusulkan pengembangan peternakan lobster dengan bibit yang diambil dari Banyuwangi sebagai salah satu program unggulan.

Menanggapi penyampaian Kapolda, Willy Indra Yunan, S.P., selaku Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku Utara, menyampaikan apresiasi atas kesediaan Kapolda menerima kunjungan ini.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Kapolda terhadap sektor pertanian dan peternakan di Maluku Utara. Kami siap bekerja sama lebih erat lagi untuk mengembangkan potensi daerah” kata Willy.

Ia menambahkan bahwa Balai Karantina siap mendukung program-program yang diusulkan oleh Kapolda, yakni peningkatan pasokan daging local dan peternakan lobster.

Willy juga menegaskan komitmen pihaknya untuk terus berkoordinasi dengan Polda Malut dalam menjaga keamanan dan kualitas produk pertanian dan peternakan yang masuk dan keluar dari Maluku Utara.

Dengan adanya koordinasi yang baik antara Polda Malut dan Balai Karantina, diharapkan tantangan dalam sektor pertanian dan peternakan di Maluku Utara dapat diatasi, serta potensi daerah dapat dimaksimalkan demi kesejahteraan masyarakat.

(FN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here